Home »

 
 
 
 

Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

Sekilas PS. PSP

PS. PSP merupakan salah satu dari program studi yang ada di Fakultas Perikanan Unlam berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 228/Dikti/Kep/1996 namun cikal bakal pelaksanaannya telah diselenggarakan sejak tahun 1978.

 

VISI

Menjadi program studi yang terkemuka dan unggul dalam bidang ekplorasi, ekploitasi dan manajemen perikanan tangkap  di tingkat regional Kalimantan dan nasional

 

MISI


  1. Melaksanakan pendidikan S1 untuk menghasilkan sarjana perikanan  yang bermutu tinggi dan menghasilkan lulusan yang profesional dan berorentasi kedepan sesuai dengan  perkembangan ilmu dan teknologi.
  2. Melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara efektif yang berorientasi pada bidang eksplorasi, eksploitasi dan manajemen perikanan tangkap di perairan umum daratan maupun perairan laut.
  3. Melaksanakan kurikulum pendidikan S1  yang relevan dan akuntabel sesuai dengan kebutuhan masyarakat pengguna.

 

TUJUAN

  1. Menciptakan suasana akademik yang kondusif bagi produktivitas dan kreatifitas dosen dan mahasiswa.
  2.  Menghasilkan sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan akademik dan profesional dalam bidang eksplorasi, eksploitasi dan manajemen perikanan tangkap di perairan umum daratan maupun perairan laut.
  3. Mengembangkan penataan sistem pendidikan Prodi PSP  menuju    pendidikan yang menghasilkan lulusan yang mandiri.
  4. Mengembangkan kurikulum untuk meningkatkan kualitas lulusan yang terampil dan relevansi terhadap Prodi PSP dengan dunia kerja di pasar global.
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian di bidang pemanfaatan sumberdaya perikanan.Meningkatkan keahlian dan keterampilan dalam pemanfaatan sumberdaya perikanan.

 

STAF PENGAJAR (DOSEN)

 

  1. Ir. Iriansyah, M.Si
  2. Dr.Ir. Rusmilyansari, MP
  3. Ir. Irhamsyah, M.Si
  4. Erwin Rosadi, S.Pi, M.Si (Studi S3)
  5. Siti Aminah, S.Pi, M.Si
  6. Noor Azizah, S.Pi, M.Si
  7. Muh. Syahdan, S.Pi, M.Si (studi S3)
  8. Yuliyanto, ST,  M.Si
  9. Prof. Ir. Adrias Mashuri, SU
  10. Ir. M.N. Riduan
  11. Ir. Hj. Nursiah, MM
  12. Ir. Masruddin Djamhar, MM

KURIKULUM

 

Kurikulum PS-PSP sebanyak 149 SKS terdiri dari: Kurikulum Inti, Kurikulum Inti Program Studi, Kurikulum Institusional,  Praktik Kerja Lapang, Seminar  dan Skripsi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SARANA DAN PRASARANA

  • Ruang kuliah 18 buah beserta kelengkapannya
  • Perpustakaan Fakultas dan Program Studi beserta koleksinya (text books, Laporan Penelitian, Jurnal, Majalah dll).
  • Laboratorium Navigasi dan Akustik Kelautan.
  • Laboratorium Teknologi Penangkapan Ikan.
  • Kapal Pendidikan dan Penelitian (KLM Dolphin).
  • Laboratorium komputer,Iktiologi,Biologi,Fisika dll.Koperasi mahasiswa

 

TUNJANGAN/BEASISWA PENDIDIKAN

Bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan, dapat mendapatkan beasiswa antara lain  beasiswa Peningkatan Potensi Akademik (PPA), BBM, Supersemar, Toyota Astra, Bank Indonesia, BNI, BEM, Bidik Misi, dsb.

 

SYARAT, LAMA STUDI DAN BIAYA PENDIDIKAN

  1. Calon dapat memasuki PS. PSP berdasarkan pilihan sewaktu mendaftar di SMUT, SNMPTN dan Seleksi Unlam Mandiri  (SENYUM) dengan memilih Program Studi Pemanfatan Sumberdaya Perikanan (PSP).
  2. Lama studi sesuai peraturan Fakultas Perikanan UNLAM adalah 3,5 – 7 Tahun.  Untuk memacu prestasi dan lama studi, mahasiswa dapat mengambil Program Alih Tahun PS. PSP yang diselenggarakan tiap antar tahun (2 semester).
  3. Biaya pendidikan ialah SPP  setiap semester. Praktik Lapang, PKM/Magang.

 

PROSPEK ALUMNI

Alumni PS-PSP dapat bekerja di berbagai bidang seperti Departemen Kelautan dan Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, PEMDA Provinsi dan Kabupaten/Kota, BKSDA, P2O LIPI, Bank Negeri/Swasta dan Perusahaan-Perusahaan Swasta Nasional/ Internasional dan lain-lain

 

KONTAK KAMI :

Fakultas Perikanan, Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP)  Universitas Lambung Mangkurat Jl. A. Yani km 36 Banjarbaru 70714 Telepon (0511) 4772124 Fax. 4772124.